DPRD Dorong Pemko Medan Lakukan UHC

Medan,-Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, T. Bahsrumsyah, mengatakan pihaknya mendorong Pemko Medan untuk melakukan Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan.


“Itu kita dorong dalam pembahasan KUA-PPAS R-APBD 2021. Artinya, Pemko Medan mengasuransikan kesehatan seluruh penduduknya,” kata Bahrumsyah kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (10/8/2020).


Dari data yang ada, sebut Bahrumsyah, tidak banyak lagi warga Kota Medan yang belum menjadi peserta jaminan kesehatan.


“Dari 2,5 juta pendudukan Kota Medan, tinggal 527.873 orang yang belum jadi peserta. Yang sudah jadi peserta JKN dari berbagai kategori sebanyak 1,9 juta atau sudah 80 persen. Kalau ini bisa kita ambil 200 ribu orang ditambah melalui PBI, maka kita sudah termasuk UHC. Jadi, satu persoalan Kota Medan sudah selesai,” ucapnya.


Perlu digarisbawahi, kata Bahrumsyah,UHC ini untuk seluruh masyarakat Kota Medan tanpa terkecuali. “Baik kaya atau miskin, semua masuk. Jadi, nanti setiap warga Kota Medan yang memiliki KTP dan KK bisa berobat gratis di Kelas 3,” ujarnya. 


Dengan adanya program UHC ini, tambah Bahrumsyah, nantinya seluruh masyarakat Kota Medan tidak perlu terbebani dengan biaya pengobatan dan perawatan ketika sedang sakit atau harus mendapatkan perawatan di RS.


“Kenapa ini kita dorong, karena memang Pemko Medan mampu. Jadi, seluruh warga Kota Medan tanpa terkecuali, nantinya mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik,” ujarnya.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama