DPRD Medan Tawarkan Aset Pemko Dijadikan RTS


Medan,-Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Kota Medan menawarkan aset Pemko Medan berupa gedung-gedung yang kosong dan tidak dipergunakan bisa dibuat menjadi Rumah Tahanan Sementara (RTS) Polsek.


“Untuk sifatnya situasional, kita minta Pemko Medan untuk memberikannya. Nantinya bisa didesign oleh Kepolisian layaknya rumah tahanan,” kata anggota Komisi I DPRD Kota Medan, Robi Barus, dalam kunjungan ke Polsek Medan Baru, Selasa (8/9/2020).


Sebagai Komisi I, kata Robi, pihaknya tentu akan terlibat dan akan melibatkan diri membicarakan hal ini kepada Pemko Medan. “Kita sungguh prihatin dengan kondisi ruang tahanan Polsek di Kota Medan. Ini sungguh tidak manusiawi,” kata Robi.


Sementara Ketua Komisi I, Rudiyanto, mengatakan pihaknya mendukung sepenuhnya rencana tersebut. “Memanusiakan manusia sesuatu yang harus disambut dengan baik. Kami akan membantu apa yang bisa kami lakukan,”  kata Rudiyanto.


Para anggota DPRD yang tergabung dalam Komisi I menyaksikan over kapasitasnya ruang tahanan di Mapolsek Medan Baru, dimana ruangan cukup sempit dan tahanan berdesak-desakan. “Jika ini dibiarkan, napi sangat rawan sakit,” kata Robi lagi.


Sebelumnya Kapolsek Medan Baru, Kompol Aris Wibowo, didampingi Kapolsek Medan Kota, Kompol Rikki Ramadhan, dan Kapolsek Patumbak, Kompol Arifin Fachreza, menyampaikan ruang tahanan di Polsek Medan Baru sudah tidak memadai menampung napi.


Di dalam tahanan, kata Aris Wibowo, mencapai 200-an lebih, sementara kapasitas ruangan jauh lebih kecil dari jumlah yang ada. “Sungguh prihatin kita melihat membludaknya para tahanan itu. Setiap harinya terus ada yang masuk,” kata Aris.


Tahanan di Polsek Medan Baru, kata Aris, tidak hanya dari wilayah Polsek Medan Baru saja, tetapi ada juga tahanan dari Kejaksaan yang dititipkan.


“Terkadang, kami kewalahan juga menghadapinya. Para tahanan itu berbagai macam persoalannya. Jika ada yang sakit, kami harus membawanya dengan pembiayaan sendiri di rumah sakit. Kita ingin memanusiakan mereka, tapi kondisi mereka di dalam tahanan sudah tidak manusiawi. Pak dewan yang terhormat, apa yang bisa dibantu kami mohon bisa dilakukan,” pinta Kapolsek.


Kondisi membludaknya tahanan di Polsek juga diakui Kapolsek  Medan Kota dan Kapolsek Patumbak. Bahkan, seluruh Polsek di Kota Medan sudah mengeluhkan hal yang sama, karena setiap harinya terus bertambah tahanan yang masuk.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama