Banyak Persoalan Tak Direspon, DPRD Medan Minta Wali Kota Medan Evaluasi Kadis Sosial


Medan,- Kolaborasi yang diinginkan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dalam bersinergi membangun Kota Medan bersama DPRD Medan ternyata tidak bisa dijalankan bawahannya. Keinginan untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat sepertinya kurang direspon dengan baik oleh beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko Medan.


"Hari ini kita mendapatkan laporan banyak dari masyarakat, terkait bantuan sosial dan pelayanan sosial di Kota Medan. Namun persoalan ini tidak bisa direpon dengan baik oleh Dinas Sosial, bahkan Kepala Dinasnya terkesan susah diajak koordinasi," ungkap Rudiawan Sitorus kepada wartawan, Sabtu (01/05/2021) usai menerima sejumlah pengaduan warga soal bantuan sosial.


Apa yang diinginkan atasannya (Wali Kota-red) justru tidak bisa dijabarkan di lapangan. "Kalau anggota DPRD Medan saja laporannya sudah diacuhkan, apalagi masyarakat biasa. Padahal secara tegas Wali Kota ingin membangun komitmen bersama dalam membangun Kota Medan, dimana DPRD Medan menyampaikan masukan-masukannya terkait program Pemko Medan di lapangan," jelasnya.


Saat ini, kata Politisi Dapil I Kota Medan tersebut, persoalan di lapangan perlu respon cepat seperti apa yang diinginkan Wali Kota Medan. "Wali Kota hari ini ingin bawahannya cepat merespon problem di masyarakat. Kalau cara meresponnya lambat, berarti jelas tidak mampu menjalankan apa yang diinginkan Wali Kota Medan," ungkapnya.


Terkait banyaknya laporan masyarakat khusunya ke Dinas Sosial, Rudiawan Sitorus menyarankan Wali Kota Medan mengevaluasi kinerja kadis tersebut. "Bagaimana persoalan ini bisa tuntas, kita minta Wali Kota Medan mengevaluasi kinerja Kadis Sosial," jelasnya.


Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Wali Kota Medan bersama sejumlah pimpinan DPRD Medan bertemu di Balai Kota Medan. Dalam pertemuan tersebut, Bobby Nasution menyampaikan perlunya komunikasi dan koordinasi antara lembaga eksekutif dan legislatif.


"Ke depan, komunikasi dan koordinasi antara eksekutif dan legislatif akan lebih kita tingkatkan untuk mempercepat terwujudnya visi, misi, dan program-program prioritas,” 


Bobby juga mengharapkan masukan-masukan dari DPRD agar pelaksanaan program maupun pelayanan publik berjalan dengan baik. Masukan dari DPRD ini, lanjut Bobby, berdasarkan aspirasi yang langsung didengar dari masyarakat.


“Ke depannya, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program, terutama lima program prioritas ini harus berjalan dengan baik. Apalagi memang lima program prioritas itu bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” ujarnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama