Pemko Medan Harus Jamin Kesehatan Warganya


Medan, Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Ihwan Ritonga mendorong Pemerintah Kota Medan harus menjamin kesehatan seluruh warganya.


"Ini tentang tanggung jawab Pemko Medan dalam menjamin kesehatan masyarakat di bantu swasta," kata Ikhwan Sabtu (8/5/2021). 


Di antara jaminan itu, sebut Ihwan, memberi pelayanan kesehatan serta menjamin kepesertaan seluruh warga Kota Medan yang dikelola oleh BPJS. “Artinya, seluruh warga Kota Medan dijamin masuk BPJS,” ujarnya.


Ketua DPC Partai Gerindra Kota Medan ini, mengatakan jaminan Pemko Medan mencakup pelayanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, ketersediaan farmasi, alat-alat kesehatan dan makanan. 


“Pelayanan kesehatan ini tidak hanya terhadap rumah sakit milik Pemerintah Kota Medan saja, tetapi juga rumah sakit swasta yang ada di Kota Medan,” katanya.


Perda ini juga, sambung legislator asal Dapil IV ini, memastikan Pemko Medan menyiapkan perangkat seluruh pelayanan kesehatan sampai ke tingkat Puskesmas dan Pustu, termasuk juga obat-obatannya. “Paling tidak, secara dini bisa memberikan tindakan preventif kepada masyarakat dalam pelayanan kesehatan itu,” ujarnya.


Dikatakannya, masalah kesehatan merupakan persoalan dasar masyarakat. “Jadi, Pemko Medan bertangung jawab dalam hal pemenuhan kesehatan masyarakatnya. Perda ini sebagai payung hukum untuk melaksanakannya,” ujarnya.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama