Forum Zakat Sumut Turun Respon Bencana Banjir di Madina



Medan,-Forum Zakat (FOZ) Sumatera Utara bersama 10 lembaga yang tergabung di dalamnya merespon langsung bencana banjir yang terjadi di sejumlah kecamatan, Kab. Mandailing Natal, Selasa (21/12).


Dalam aksi respon bencana ini bantuan yang diturunkan sebanyak 3 unit Armada Ambulance, 1 unit Armada Rescue,

2 unit Armada Logistik, ratusan paket sembako, kornet daging, 25 orang tim gabungan relawan dan kesehatan, tim juga akan menambah dan membeli sejumlah bentuk bantuan sesuai yang di butuhkan di lokasi bencana


M. Iqbal Farizi selaku Ketua FOZ Sumut menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan satu bentuk sinergitas antar lembaga yang berada di bawah naungan FOZ. “Aksi semacam ini memang yang kita ingin dalam merespon bencana sebab dengan bergabungnya beberapa lembaga semakin besar pula manfaat yang bisa dirasakan,” ucapnya.


Iqbal juga menyebutkan bahwa dalam kegiatan ini sedikitnya ada 10 lembaga yang ikut serta dalam merespon bencana. “Ada 10 lembaga yang ikut, mulai dari BSMI, Dompet Dhuafa Waspada, DT Peduli, IZI, Rumah Zakat, Mandiri Amal Insani, BAZMA Pertamina, Yakesma, Yatim Mandiri, dan Daarul Qur’an,” sebutnya.


Dalam aksi ini, Ketua Bidang 3 Sinergi dan Kerjasama FOZ Sumut, Hendrik atau yang sering di sebut Bang Koko, yang berasal dari BSMI ditunjuk sebagai koordinator.


Koko mengatakan bahwa ia bersama tim gabungan lembaga lainnya bergerak ke Madina sekitar pukul 10.30 WIB.“Kita kumpul di markas BSMI menyiapkan berbagai kebutuhan, masing-masing relawan, hadir di sini untuk bersiap ke Madina,” ucap Bang Koko


Ia juga mengatakan bahwa ada beberapa kebutuhan mendesak yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat terdampak banjir. “Kebutuhan yang masih terus dibutuhkan yaitu makanan siap, makanan pokok (sembako), selimut, handuk, sajadah dan perlengkapan salat, family kit, serta Kidware,” sebagian kebutuhan kita bawa dari medan dan selebihnya akan kita beli di lokasi, ucapnya.


“Untuk awal ini kita kirimkan sembako, dllnya, tapi nanti melihat bagaimana kondisi di sana, apa-apa yang dibutuhkan lagi akan kita bantu, mungkin berupa dapur umum atau yang lainnya,” tambahnya.


Koko juga sedikit menjelaskan bahwa lembaga lembaga yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) tersebut bukan hanya bergerak di bidang zakat. “Akan tetapi merupakan lembaga filantropi yang tentunya dalam hal ini peduli terhadap isu-isu kemanusiaan,”


Aksi respon bencana semacam ini juga rutin kami lakukan. “Sebelumnya kita juga bergerak kolaborasi bantu bencana Erupsi Semeru, jadi kita tentunya sangat menyambut baik sinergi kegiatan semacam ini,” pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama