Tingkatkan Sistem Imun Bagi Siswa, Tim Dosen Farmasi UMN Al Washliyah Berikan Pemahaman Tentang Pembuatan Sediaan Vitamin C

 


 

Biru-biru,-Tim Dosen Farmasi UMN Al Washliyah, melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan mengambil tema Tentang Pembuatan Sediaan Vitamin C Sebagai Upaya Peningkatan Sistem Imun Bagi Siswa Mis Asthoffaina di Desa Sidomulyo B Kecamatan Biru-Biru Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, Sabtu, (4/12/2021).


"Pengenalan sejak dini terkait minuman kesehatan yang mengandung vitamin kepada anak-anak usia sekolah sangat penting. Anak usia sekolah merupakan kelompok usia yang kritis karena lebih berisiko terkena paparan patogen dan imunitas tubuhnya belum terlalu baik. Oleh karena itu, dosen Fakultas Farmasi, Program Studi S1 Farmasi melakukan pengabdian masyarakat sebagai salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi, di MIS Asthoffaina, Yayasan Ar-Ridha di Desa Sidomulyo B Kecamatan Biru-Biru  Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara," jelas Ketua tim dosen Fakultas Farmasi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah apt. Minda Sari Lubis, S.Farm., M.Si didampingi Yayuk Putri Rahayu, S.Si., M.Si. (Anggota) serta mahasiswa S1 Farmasi sebagai anggota pengabdian masyarakat yang bernama Sry Lanna Zahara.


Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakandalam bentuk edukasi yang dikombinasi dengan peragaan melalui video tutorial untuk kelompok anak usia sekolah.




 “Kami sangat senang bekerja sama dengan Yayasan Ar-Ridha. Anak-anak yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias. Pengenalan terhadap beberapa makanan dan minuman yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh salah satunya adalah mengandung vitamin C ini penting bagi anak-anak karena anak usia sekolah sebaiknya dibekali pengetahuan tentang nutrisi dan kesehatan, yang mana diharapkan dapat menjadi bekal mereka untuk melakukan praktik nutrisi dan kesehatan yang baik,” ujar Ketua Pengabdian, Minda Sari Lubis.



Selain Minda, tim pengabdian masyarakat lainnya juga mengatakan, pengabdian masyarakat di MIS Asthoffaina ini sangat berkesan, karena siswanya sangat bersemangat untuk tahu dan mengerti tentang minuman kesehatan sediaan vitamin C sebagai upaya peningkatan sistem imun. 


“Kami dari Fakultas Farmasi, Prodi S1 Farmasi, mendapatan kesempatan untuk melakukan kegiatan meningkatkan literasi kesehatan pada anak usia sekolah” kata Yayuk.


Acara pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian anak-anak usia sekolah sehingga mereka dapat menerapkan sejak dini pentingnya menjaga kesehatan mulai dari cuci tangan dan patuh terhadap protokol kesehatan selama pandemic serta menerapkan pola makanan dan minuman bergizi. 


Hal ini juga akan berkontribusi untuk memutus rantai penularan Covid-19 dan menciptakan perilaku hidup sehat di lingkungan mis asthoffaina, Yayasan Ar-Ridha.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama