Imbas Invasi Rusia, Ambramovic Serahkan Chelsea ke Yayasan Amal

 


London,-Roman Abramovich meletakkan jabatan sebagai pemilik Chelsea dan diserahkan ke dewan direksi serta yayasan amal klub. Hal ini tindakan untuk mencegah Chelsea terkena imbas sanksi dari pemerintah Inggris terhadap kepemilikan aset warga Rusia di Inggris.


"Selama hampir 20 tahun kepemilikan saya di Chelsea FC, saya selalu memandang peran saya sebagai penjaga Klub, yang tugasnya adalah memastikan bahwa kami sukses seperti yang kami bisa capai hari ini, serta membangun masa depan, sambil terus memainkan peran positif dalam komunitas kami," tulis pernyataan Roman Abramovich.


"Saya selalu mengambil keputusan dengan kepentingan terbaik Klub. Saya tetap berkomitmen pada nilai-nilai ini. Itulah sebabnya saya, hari ini, memberikan wali amanat kepada Yayasan amal Chelsea terkait kepengurusan dan perawatan Chelsea FC. Saya percaya saat ini mereka berada dalam posisi terbaik untuk menjaga kepentingan Klub, pemain, staf, dan penggemar."


Abramovich sendiri disebut-sebut menjadi tangan kanan Vladimir Putin, Presiden Rusia yang memimpin perang kepada Ukraina. Anggota Parlemen Christ Bryant menyebut Abramovich tak diperbolehkan lagi memiliki klub di Inggris. Selain itu, sejak 2019, nama Abramovich masuk daftar merah karena kaitannya dengan Pemerintah Rusia. Setelah perang kini pecah, ada kabar asetnya bakal dibekukan Pemerintah Inggris.


Imbas perang Rusia dan Ukraina juga membuat Roman Abramovich, selaku pengusaha, merugi. Saham perusahaannya anjlok, yang memunculkan kabar Chelsea bakal dijual.


Namun, Chelsea menegaskan jika mereka tidak ada sedikitpun niat untuk menjual klub, keputusan mundurnya Abramovich sebagai pemilik murni demi melindungi klub.


Keputusan mengenai transfer, kontrak, sampai masa depan Thomas Tuchel nantinya akan diputuskan oleh Marina Granovskaia dan Petr Cech. 


Chelsea akan beroperasi di bursa transfer tanpa keterlibatan uang dari Roman Abramovich, tapi efeknya masih belum diketahui. Chelsea masih memiliki anggaran dari hak siar TV, sponsor, pendapatan pertandingan dan penjualan pemain sehingga mereka dapat beroperasi.


Abramovich masih akan terlibat dalam pembiayaan transfer Kai Havertz dan Romelu Lukaku.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama