Dinkes Diminta Cegah Masuknya Virus Cacar Monyet Ke Medan



Medan, Kasus cacar monyet saat ini “menghantui” dunia kesehatan, telah masuk ke Indonesia. Walau baru satu kasus ditemukan di DKI Jakarta, namun cukup memberi kekhawatiran bagi masyarakat Kota Medan.


Anggota Komisi II DPRD Kota Medan, T. Edriansyah Rendy, mendorong Dinas Kesehatan Kota Medan dan OPD-OPD terkait untuk mencegah masuknya virus cacar monyet ke Kota Medan.



“Pencegahan masuknya virus cacar monyet ke Kota Medan harus di lakukan sedini mungkin,” katanya kepada wartawan di Medan, Selasa (23/8/2022).


Sekretaris Fraksi NasDem ini mengaku, sepakat dengan Dinkes Kota Medan yang mengaku akan melakukan sosialisasi PHBS kepada masyarakat agar bisa terhindar dari virus cacar monyet. “Sosialisasi ini harus di lakukan secara masif,” pintanya.


Legislator asal Dapil II ini berharap, Dinkes terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, mengingat Pemkot Medan saat ini di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, tengah serius dan fokus dalam memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat Kota Medan.


Keseriusan Pemkot Medan itu, sebut Rendy, dapat terlihat dari rencana dioperasikannya RSUD Medan Labuhan pada tahun ini. “Dinkes harus bisa mendukung keseriusan Wali Kota Medan dengan meningkatkan mutu pelayanannya, khususnya dari sisi SDM,” harapnya.



Sebelumnya, Dinkes Kota Medan mengaku akan melakukan langkah antisipasi mencegah terpaparnya warga Kota Medan dari virus cacar monyet.


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Pocut Fatimah Fitri, mengatakan langkah antisipasi yang paling memungkinkan saat ini untuk di lakukan adalah dengan mensosialisasikan pentingnya penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).


“Sama seperti pencegahan penyakit lainnya, kasus cacar monyet ini bisa kita cegah atau diminimalisir dengan menerapkan PHBS,” katanya kepada wartawan, Selasa (23/8/2022). 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama