Dosen Fakultas Pertanian UMN Al Washliyah Berikan Pelatihan Urban Farming dalam Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga


Medan,-Tim Dosen Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah (UMN Al-Washliyah) Medan Sumatera Utara yang diketuai oleh Dita Deviana Fadhilah, S.TP., M.P. dan  Sriwardany, SE., M.Si sebagai anggota melakukan pengabdian masyarakat di kawasan Kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor. Kegiatan ini dilaksanakan  di aula Maktab PWBI pada hari Kamis-Jumat, 10-11 November 2022 yang dihadiri sekitar 25 orang kaum ibu anggota PWBI.


Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Persatuan Wirit Batak Islam (PWBI) merupakan persatuan yang anggotanya merupakan para mualaf dengan mengusung tema tentang Pelatihan Urban Farming dalam Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga.


"Tujuan dan hasil kegiatan ini adalah untuk menambah Hasanah ilmu dan wawasan khususnya bagi masyarakat terutama para ibu rumah tangga maupun bagi pelaksana pengabdian masyarakat dalam upaya menjaga lingkungan dan meningkatkan produktifitas bagi ibu rumah tangga," kata Dita Deviana Fadhilah, S.TP., M.P.



Dijelaskannya, dengan mengolah limbah rumah tangga menjadi tanaman pekarangan rumah. Mulai dari sisa kemasan rumah tangga dapat dijadikan wadah tanaman, sisa sayuran yang tidak terpakai seperti biji dan akar sayuran dapat ditanam kembali dan sisa bahan organik lainnya dapat dijadikan pupuk tanaman. 


"Dengan demikian kondisi lingkungan lebih terjaga dengan mengurangi limbah dan keuangan keluarga dapat terbantu dari pengolaan limbah rumah tangga menjadi tanaman, wadah tanaman dan pupuk tanaman," jelasnya.


Dalam kesempatan tersebut, Dita Deviana Fadhilah yang merupakan dosen di Prodi Agribisnis menyampaikan terimakasih atas pelaksanaan  kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan lancar, sesuai dengan harapan pengabdi.



Sementara itu, Ketua PWBI yaitu Ibu Dra. Siti Rachimah menyambut baik acara pengabdian ini dan mengucapkan terima kasih dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan ibu-ibu PWBI Kwala Bekala dalam pemanfaatan limbah rumah tangga dalam menambah penghasilan. "Harapannya juga diharapkan dapat menularkan pengetahuan ini kepada keluarga dan orang lain yang belum mengetahuinya," katanya.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama