Pembelajaran Vee Diagram Berbasis Multimedia Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Literasidi MTSS Al Washliyah Jati Rejo

 


MEDAN,-Dosen Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Dahlia Sirait, S.Pd, M.Hum Prodi Pendidikan Bahasa Inggris melaksanakan “PKM Pendampingan pembelajaran vee diagram berbasis multimedia digital untuk meningkatkan kompetensi literasi di MTSs AlWashliyah Jati Rejo, Galang (Senin, 19 Desember 2022). 


Pelaksanaan sendiri merupakan sebuah pengabdian masyarakat dari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah untuk sekolah MTSs Al Washliyah Jati Rejo. Adapun tahapannya meliputi sebuah pembelajaran yang merupakan sebagai suatu tindakan atau proses untuk menentukan sesuatu sehingga menghasilkan sebuah hasil. 


Hasil yang diperoleh adalah sebuah literasi digital yang mementingkan sebuah langkah – langkah, strategi dan teori pendukung.

Model pembelajaran Vee Diagram sendiri merupakan model pembelajaran yang menggunakan strategi dengan metode huruf “V” yaitu sebuah metode untuk membantu siswa memahami struktur pengetahuan dan bagaimana pengetahuan dikonstruksi, (Gowin, 1977).


Diagram vee sendiri memiliki bagian – bagian dari konseptual pertanyaan hingga metodelogikal, dari teori jawaban, basis teori, basis conceptual, metode, implementasi, perekaman, transpormasi data, klaim pengetahuan dan metodologikal. Diagram vee dibuat power point template berbentuk V yang terdiri dari lima fase yaitu orientasi masalah, pengungkapan konsep siswa, permasalahan, pengetahuan dan terakhir mengevaluasi gagasan siswa.


Hal ini merupakan sebuah pembelajaran yang dibuat dengan diagram Vee pada power point sehingga meningkatkan kompetensi literasi pada siswa khususnya materi pembelajaran dalam Bahasa Inggris”. Imbuhnya.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama