Tim PKM Dosen UMN Al-Washliyah Sosialisasikan Pentingnya Pengantisipasian Paham Menyimpang Dalam Islam di PWBI Kwala Bekala


Medan,-Seorang dosen yang profesional sudah selayaknya melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik, diantaranya adalah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). 

Hal inilah yang dilakukan oleh beberapa orang dosen UMN Al-Washliyah yaitu melakukan pengabdian masyarakat di Kelurahan Kwala Bekala Kec. Medan Johor. Kegiatan ini diketuai oleh Haidir, S.Pd.I., M. Pd dan disertai dengan lima orang anggota, yakni dua dosen Muhammad Hizbullah, S.H.I., MA dan Muhammad Guffar Harahap, SE., ME dan 3 orang mahasiswa (Devi Pratiwi, Khoiriah Rahmadani, dan Melissa Rambe). 


Kegiatan pengabdian ini bertemakan sosialisasi pentingnya pengantisipasian paham-paham menyimpang dalam Islam di PWBI Keluarahan Kwala Bekala, yang dilaksanakan pada Kamis-Jumat tanggal 10-11 November 2022. 


Kegiatan ini dilakukan oleh tim pengabdi kepada ibu-ibu PWBI (Persatuan Wirid Batak Islam) yang berada di Jl. Djamin Ginting Aula Maktab PWBI Kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor.


Pengabdian masyarakat ini disambut antusias yang luar biasa dari hadirin yang mendengarkan pemaparan  Ketua Tim Haidir, S.Pd.I., M. Pd, kegiatan dihadiri oleh 25 orang jamaah. Hal ini dibuktikan banyaknya pertanyaan dari ibu-ibu PWBI tentang seputar hal-hal yang berkaitan paham-paham yang menyimpang dan sesat. 


"Kai mengharapkan agar dilakukannya kembali sosialisasi yang seperti ini, hal ini sungguh bermanfaat," pungkas Maha salah seorang pengurus PWBI. Tim Pengabdian menyambut baik permintaan ibu-ibu tersebut agar dilakukannya kembali hal yang sama agar  berkesinambungan. 


Dalam paparannya pengabdi menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan apa itu paham menyimpang dalam Islam, bagaimana ciri-cirinya, apa dampaknya, dan bagaimana pengantisipasiannya. Karena hal inilah kalau tidak dipahami maka ajaran Islam akan tergerus dengan aliran-aliran sesat tersebut. 


"Alhamdulilah kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan lancar, sesuai dengan harapan pengabdi," ungkap Haidir yang merupakan seorang dosen di prodi Akuntansi. 


Pada acara penutupan, Ketua PWBI Dra. Siti Rachimah menyambut baik acara pengabdian ini dan mengucapkan terima kasih dan megharapkan dilakukan kegiatan lanjutan. 


"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan  dapat menambah wawasan dan pengetahuan ibu-ibu PWBI Kwala Bekala dalam memahami paham-paham menyimpang dalam Islam. Dan juga diharapkan dapat menularkan pengetahuan ini kepada keluarga dan orang lain yang belum mengetahuinya," jelasnya.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama