Dosen Fakultas Farmasi UMN Al Washliyah Edukasi Pencegahan Komplikasi Diabetes Melitus Tipe 2 Kepada Warga



Percut,-Tim dosen Fakultas Farmasi UMN Al Washliyah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat terkait Edukasi dan Upaya Pencegahan Komplikasi Diabetes Melitus Tipe 2 dan Pemeriksaan Kadar Gula Darah pada Minggu (25/12/2022) di Desa Kolam Pasar 13, Kecamatan Percut Sei Tuan.


“Diabetes melitus merupakan penyakit yang ditandai dengan kenaikan kadar gula darah diatas nilai normal. Kadar glukosa darah yang tidak dikontrol dengan baik dapat menyebabkan komplikasi yang mengganggu kesehatan serta kematian. Diabetes melitus yang tidak tertangani dengan baik dapat merusak jantung, pembuluh darah, mata, ginjal dan sistem saraf serta meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke,” ucap ketua Tim kegiatan PKM, apt. Kiki Rawitri, S.Farm., M.Farm. didampingi apt. Zulmai Rani, S.Farm., M.Farm.


Lebih lanjut disampaikan, pemeriksaan kesehatan dan edukasi ini bertujuan untuk mengontrol kondisi kesehatan para lansia, terutama bagi penderita diabetes melitus agar tidak mengalami komplikasi. "Kita harapkan para lansia baik yang tergabung dalam kegiatan ini maupun tidak, agar dapat menyempatkan diri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin sesuai anjuran dokter," katanya.


Kegiatan belum lama ini, dihadiri oleh Ibu Kepala Desa Kolam, Ibu Kepala Dusun I, dan Kader Posyandu. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan pemberian edukasi kepada warga yang menderita diabetes melitus maupun bukan penderita. 


Edukasi yang diberikan adalah terkait pengertian diabetes melitus, kriteria kadar gula darah bagi penderita, faktor risiko, tanda dan gejala, komplikasi diabetes melitus, pola makan yang tepat, serta tips mengendalikan diabetes melitus. Kemuadian dilanjutkan dengan pemeriksaan tensi dan kadar gula darah sewaktu. Sebanyak 25 warga berhasil diberikan edukasi terkait penyakit diabetes melitus tersebut.


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mendapat sambutan yang luar biasa dari seluruh pihak terkait. Tim PKM mengucapkan terima kasih kepada Ibu Kepala Desa Kolam, Ibu Kepala Dusun I, serta Kader Posyandu Desa Kolam sehingga kegiatan PKM tersebut berjalan dengan lancar. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama