DPRD Terima LPj Wali Kota Medan 2022

 


Medan, DPRD terima Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Wali Kota Medan 2022 terhadap pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)


DPRD terima LPj Wali Kota Medan 2022 itu disampaikan 8 fraksi melalui pendapat akhir masing-masing dalam sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (24/7/2023). Sidang paripurna di pimpin Ketua DPRD Hasyim bersama Wakil Ketua Ihwan Ritonga, Rajudin Sagala dan T. Bahrumsyah.



Ke 8 fraksi, yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi PAN, Fraksi Partai Golkar, Fraksi NasDem, Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi HPP melalui juru bicara masing-masing dapat menerima dan menyetujui pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tersebut.


Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicaranya, Robi Barus, meminta kepada Pemkot Medan untuk mengerahkan petugas Satpol PP, Hansip, petugas keamanan sipil lainnya untuk membantu aparat kepolisian melakukan razia rutin di titik rawan kejahatan dan begal.


Fraksi PDI Perjuangan juga mengapresiasi kinerja Wali Kota Medan, Bobby Nasution, di bidang kesehatan. Program Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB) yang diluncurkan sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.


Kemudian, revitalisasi Lapangan Merdeka menjadi ruang terbuka hijau dan cagar budaya serta produk-produk UMKM Kota Medan telah mampu menembus pasar regional dan internasional.



“Dalam penanganan banjir, menurut pengamatan kami sudah menunjukkan perbaikan dan perubahan sangat signifikan meskipun di bebarapa titik tertentu masih ditemukan genangan-genangan air saat hujan deras turun,” katanya.


Menurut Fraksi PDI Perjuangan, sebut Robi, mengatasi banjir tidak cukup hanya perbaikan dan pengembangan sistem drainase, tapi harus diikuti perbaikan jaringan aliran sungai melalui normalisasi sungai yang mengelilingi Kota Medan. “Termasuk, pembangunan tanggul yang saat ini sedang di lakukan di kawasan Medan Belawan,” kata Robi.


Fraksi Partai Demokrat melalui juru bicaranya, Parlindungan Sipahutar, juga mengapresiasi kinerja Pemkot Medan di bidang kesehatan. Demokrat menilai, Pemkot Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota, Bobby Nasution, berhasil dalam program pelayanan kesehatan melalui UHC JKMB, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah.



Dalam penanganan banjir, kata Parlindungan, Fraksi Partai Demokrat sangat mengapresiasi kinerja Pemkot Medan dalam mewujudkan Kota Medan tanpa banjir dengan melakukan pembangunan drainase.


“Begitu juga dengan program jalan di Medan tanpa lubang yang saat ini terus berjalan. Semoga di tahun 2023, permasalahan banjir dan jalan berlubang di Kota Medan dapat teratasi,” harap Parlindungan.


Sementara Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menyampaikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada pimpinan serta anggota dewan yang yang telah membahas keseluruhan substansi penanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2022 secara kolaboratif, sehingga dapat disetujui bersama.


“Seluruh catatan-catatan strategis tentang LPj pelaksanaan APBD 2022 ini akan di tindaklanjuti bersama, sekaligus menjadi masukan perumusan arahan kebijakan umum dan percepatan pembangunan kota pada masa akan datang,” ungkap Bobby.



Melalui langkah-langkah strategis dan integritas semua, Bobby, optimis dapat meningkatkan kualitas pelayanan umum, daya saing daerah dan kesejahteraan masyarakat secara bertahap dan berkelanjutan.


“Melalui rapat paripurna ini, kita dapat melakukan evaluasi terhadap seluruh keberhasilan dan kekurangan. Mudah-mudahan, Allah SWT selalu memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita semua untuk mewujudkan Kota Medan sebagai Kota Kolaborasi dengan visi Medan Berkat, Maju dan Kondusif,” harapnya. 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama