Bukhari, SE : Masalah Sampah Tidak Bisa Diselesaikan Sendiri, Pemko dan Masyarakat Harus Bersinergi


Medan,-Anggota DPRD Medan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Bukhari, SE mengingatkan bahwa persoalan sampah di Kota Medan merupakan tanggungjawab bersama. Persoalan sampah yang ada di masyarakat tidak bisa diselesaikan hanya oleh Pemerintah Kota Medan, melainkan butuh kolaborasi dengan masyarakat. Maka dari itu, persoalan sampah di Kota Medan akan bisa tuntas jika masyarakat dan pemerintah bisa bersinergi dengan baik.


Hal ini disampaikan Bukhari, SE  saat menyampaikan materi sosialisasi produk hukum daerah ke XII tahun 2023, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan yang dilaksanakan disejumlah lokasi diantaranya, Jalan M Yakub, Kelurahan, Kelurahan Sei Kera Hilir 2 Kecamatan Medan Perjungan dan Jalan Durung, Gg Masjid, Kelurahan Sudirejo, Kecamatan Medan Tembung, Ahad (24/12/2023).


Anggota Komisi III DPRD Medan ini menekankan dalam menyelesaikan persoalan sampah Pemerintah Kota Meda tidak mungkin bisa menyelesaikan sendirian. "Jadi perlu keterlibatan masyarakat secara penuh dalam menyelesaikan persoalan kebersihan di Kota Medan,” jelasnya.


Politisi asal Daerah Pemilihan (Dapil) III (Medan Tebung, Medan Timur, Medan Perjuangan dan Medan Deli) dalam menyelesaikan persoalan sampah ada hal yang perlu dilakukan pemerintah Kota Medan dalam menyelesaikan persoalan sampah ini diantaranya persoalan Sumber Daya Manusia (SDM).


“Pemko Medan perlu membangun masyarakat yang sadar dengan lingkungannya, hal ini mencakup pembangunan karakter masyarakat di Kota Medan yang malu membuang sampah sembarangan,” katanya.


Kemudian yang tak kalah pentingnya, Pemko Medan perlu mendidik masyarakat dalam mengelola sampah, dengan meningkatkan nilai ekonomis sampah. “Ini langkah selanjutnya yang paling penting, Pemko Medan harus memberikan pemahaman soal peningkatan nilai ekonomis sampah sehingga sampah di masyarakat bukan menjadi masalah melainkan kehadiran sampah merupakan keuntungan dan bisa membantu perekonomian masyarakat,” harapnya


Kemudian di lapangan, Pemko juga perlu memberikan dukungan sarana dan prasarana kepada masyarakat dalam menyelesaikan persoalan sampah, misanya pengadaan bak sampah, pengelolaan Tempat Pembuangan Sampah Sementara dan lainnya.


“Fasilitas menjadi salah satu yang paling penting dalam menyelesaikan persoalan sampah di masyarakat,” ungkapnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama