Perbaiki Mental Masyarakat, Meumbuhkan UMKM dan Pendidikan Gratis Penting untuk Tuntaskan Kemiskinan

 


Medan,-Anggota DPRD Medan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Dr.Rudiawan Sitorus, M.Pem.I mengatakan persoalan kemiskinan yang terjadi selama ini bisa diselesaikan dengan adanya upaya serius semua elemen dalam mengentaskan kemiskinan diantaranya dengan memperbaiki mental masyarakat, kemudian menumbuhkan UMKM dan Pendidikan gratis.


Dr.Rudiawan Sitorus saat menyampaikan materi sosialisasi produk hukum daerah ke 11 Tahun Anggaran 2024, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Kemiskinan di Kota Medan yang dilaksanakan di dua lokasi berbeda, di Jalan  Yayasan, Gg Buntu, Kelurahan 

Tj. Gusta, Kecamatan Medan Helvetia, , Jalan  Sei Beras, No.34 Kel. Babura kec.Medan Baru, Senin (16/09/2024)


“Banyak solusi pengentasan kemiskinan di masyarakat, salah satunya adalah dengan mengubah mental masyarakatnya  hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat agar mereka mampu bertahan dan memperbaiki perekonomiannya," katanya


Kemudian, kemiskinan juga bisa dituntaskan dengan menumbuhkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). "Keberadaan UMKM di tengah-tengah masyarakat sangat penting dalam memperbaiki pertumbuhan ekonomi. Bahkan lebih fokus lagi, UMKM harus diberikan dorongan agar bisa go internasional," katanya.


Kemudian yang tak kalah pentingnya adalah pendidikan gratis, dimana dengan program ini masyarakat nantinya akan mampu memperbaiki kehidupannya ke depan lebih baik lagi.


"Pendidikan gratis hingga tingkat universitas sangat penting dilakukan dalam mendorong mereka untuk bisa memperbaiki kehidupannya ke depan. Kemudian dengan pendidikan yang baik juga nantinya mereka akan memberikan dorongan pengetahuan dalam mengembangkan daerah sehingga pertumbuhan ekonominya lebih baik lagi," ungkapnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama